Bicara tentang merchandise custom, selain untuk keperluan promosi atau barang kenang-kenangan, banyak juga yang membutuhkan official merchandise untuk branding perusahaan. Ini cocok bagi Anda yang sudah malang melintang di bidang merchandise dan jumlah orderan sangat banyak.

Official merchandise ini bisa berbagai macam bentuk dan ditujukan untuk beragam keperluan. Misalnya saja ketika sebuah perusahaan menjadi sponsor suatu acara dan memberikan merchandise berupa mug atau botol minum.

Untuk memudahkan bisnis merchandise yang Anda jalankan, ada baiknya pahami salah satu tujuan suatu pemasar atau perusahaan membuat merchandise. Dengan memahami tujuan dari pelanggan potensial, Anda bisa menghasilkan produk berkualitas dan tepat sasaran. Didukung dengan hasil atau tampilan produk yang keren, maka bukan tidak mungkin orderan merchandise laris manis.

Sekarang, yuk coba selami dahulu kebutuhan para pelanggan terhadap merchandise.

Official merchandise dan tips sukses menggunakannya untuk branding

Pertimbangkan fungsinya

Dari sekian banyak jenis merchandise, yang memiliki tampilan menarik dan memiliki nilai guna akan sangat disukai. Bayangkan saja Anda pergi ke sebuah seminar. Lalu Anda mendapat satu merchandise, misalnya botol minum dengan logo perusahaan penyelenggara. Di tengah gencarnya gerakan go green untuk mengurangi sampah plastik, membawa botol minum menjadi kebiasaan baru. Dari merchandise seminar tersebut, Anda tak perlu beli botol minum dan bisa menggunakannya tiap hari.

Oleh karena itu, merchandise berupa tumblr atau botol minum juga banyak dipesan. Selain dua produk tersebut, pouch atau totebag juga berguna. Bisa dipakai sebagai pengganti kantong plastik saat belanja bulanan! Tak hanya perusahaan yang jadi pelanggan Anda akan senang dengan merchandisenya, namun konsumen mereka pun akan senang karena bisa menyimpan dan menggunakan merchandise tersebut.

Pastikan sesuai dengan target pelanggan

Bicarakan dengan pelanggan Anda, seperti apa klien atau konsumen mereka. Ingat, bisnis merchandise Anda tak hanya membuat produk saja. Beri nilai tambah, misalnya dengan menjadi partner diskusi bagi pelangganmu. Mereka tentu akan lebih senang jika Anda bisa membantu proses branding yang mereka jalankan, tentunya melalui produk merchandise tersebut.

Misalnya apabila pelanggan Anda memiliki konsumen anak muda, coba tawarkan desain yang tidak biasa. Jenis merchandisenya bisa menyesuaikan dari media yang Anda tawarkan. Namun berikan kesan modern dan menarik melalui desainnya. Cari tahu desain-desain seperti apa yang disukai oleh konsumen dari pelanggan Anda. Kemudian diskusikan dengan pelanggan Anda menganai desainnya.

Membangun reputasi

Tak jarang sebuah perusahaan juga memanfaatkan merchandise ini untuk membangun reputasi. Salah satu caranya adalah dengan memberikan merchandise pada event-event yang diadakan oleh sebuah komunitas. Upaya mengenalkan brand dengan cara ini banyak dilakukan, misalnya saja seperti pada acara seminar.

Demikian info seputar official merchandise untuk branding ini. Jika Anda tertarik memulai usaha merchandise dan ingin berdiskusi lebih banyak tentang bidang tersebut, hubungi tim product specialist kami dan jelaskan kebutuhan usahamu. Dengan begitu, tim kami bisa memberikan masukan mesin apa saja yang cocok dengan rencana usaha Anda. Tunggu apa lagi? Yuk, mulai usaha merchandise sekarang!